Cara Mudah Root Samsung J2 Tanpa PC

Diposting pada

Diskusiandroid.com – Pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi kepada kalian tentang ‘Cara Mudah Root Samsung J2 Tanpa PC‘.

Akan tetapi, sebelum masuk ke pembahasan utama, ada kalanya kita harus mencoba memahami terlebih dahulu spesifikasi perangkat keras yang utama dari smartphone Samsung J2 terlebih dahulu.

Tampilan Hp Smartphone Samsung J2

Smartphone Samsung Galaxy J2 ini merupakan smartphone yang di produksi oleh perusahaan besar yang berasal dari negeri Korea Selatan, Samsung. Yang memiliki spesifikasi; Quad Core 1.2GHz untuk Processornya, Dual SIM Card 4G LTE(GSM dan WCDMA), Internal Memory 8GB, RAM 1GB dan dengan menggunakan Sistem Operasi Android Lollipop (Generasi ke-5 pada Sistem Operasi Android). Dan smartphone ini di bandrol dengan harga Rp. 1.299.000 (*Setiap masing-masing daerah memiliki harga dan pajaknya tersendiri).

Oke gaes!! Penjelasan singkat dari spesifikasi Samsung J2 diatas yang admin berikan mungkin sudah cukup. Sekarang kita akan membahas ‘Cara Mudah Root Samsung J2 Tanpa PC’ -nya, pertama-tama kalian harus memenuhi beberapa sedikit syarat terlebih dahulu.

Warning!!! Proses rooting adalah cara ilegal untuk meningkatkan sistem android dari smartphone.

Syarat Root Samsung J2

  1. Memiliki hp smartphone Samsung Galaxy J2
  2. Download dan Install Samsung USB Driver di laptop atau pc kalian『Aplikasinya
  3. Download dan Install Odin di laptop atau pc kalian『Aplikasinya
  4. Mendownload file TWRP Samsung Galaxy J2 Aplikasinya
  5. Mendownload file SuperSU Samsung Galaxy J2 Aplikasinya
  6. Siap untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi pada saat setelah proses rooting

Jika semua syarat diatas sudah terpenuhi dengan baik, maka kalian berhak untuk melanjut ke tahap proses rooting. Jadi jika terjadi gagal dalam proses rooting maka ada kemungkinan smartphone kalian sudah tidak ada harapan lagi. Dibawah berikut ini adalah tahap-tahap ‘Cara Mudah Root Samsung J2 Tanpa PC’;

Cara Root Samsung J2 Dengan Mudah

  • Install-lah aplikasi Samsung USB Driver yang sudah di download tadi.
  • Extrak-lah file SuperSU di tempat yang mudah ditemukan
  • Lalu pindahkan-lah file SuperSU ke memori internal hp smartphone Samsung Galaxy J2 kalian
  • Kemudian pada hp smartphone Samsung Galaxy J2 kalian buka Settings > About Phone > About Device > tap 7 kali pada Build Number untuk mengaktifkan menu Developers option
  • Jika menu Developers option sudah aktif, maka kalian aktifkan-lah pilihan OEM Unlock
  • Untuk cara ke-6 ini, jika kalian sudah menginstall TWRP kalian bisa melewatinya, dan berlanjut ke cara ke-15 . Jika belum menginstall TWRP, maka kalian harus mengikuti cara ke-6 ini. Pertama buka aplikasi Odin sebagai administrator (Klik kanan pada aplikasi > Run as administrator)> klik AP > pilih file TWRP
  • Lalu masuk ke Tab Options, dan jangan mencentang ‘auto restart
  • Kemudian masukkan hp smartphone Samsung Galaxy J2 kalian ke dalam mode Odin, dengan cara; Matikan terlebih dahulu hp smartphone-nya > lalu di hidupkan kembali dengan cara menekan Volume Down + Home + Power Cara Masuk ke dalam Mode Odin TWRP Samsung Galaxy J2
  • Kemudian tekan Volume Up untuk masuk
  • Lalu hubungkan hp smartphone kalian ke laptop atau komputer hingga driver terinstall
  • Jika sudah terinstall, pada box biru sebelah kiri atas dapat memperlihatkan status hp smartphone kalian
  • Kemudian klik Start untuk memulai flashing
  • Lalu tunggulah hingga pemrosesan selesai, atau sampai muncul tanda “Pass
  • Jika sudah, matikan hp smartphone kalian
  • Kemudian kalian reboot masuk ke dalam Recovery mode dengan cara; Volume Up + Home + Power
  • Lalu pilih Install
  • Kemudian carilah file SuperSU.zip yang sudah kalian download dan kalian pindah ke dalam memori internal tadi
  • Lalu tunggulah hingga proses rooting selesai
  • Pada saat proses rooting, akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan pada saat proses ini kalian diharapkan jangan memainkan hp smartphone Samsung J2 yang sedang dalam proses rooting. Karena jika kalian memainkannya, maka ada kemungkinan besar akan terjadinya gagal dalam proses rooting. Dan itu akan menyebabkan kerusakan pada Sistem Android dari hp smartphone kalian.
  • Jika proses sudah selesai dan proses berhasil, kemudian kalian cobalah untuk di restart atau di reboot, jika smartphone dapat hidup dan dapat memproses dengan normal, itu tandanya proses rooting kalian berhasil. Akan tetapi jika smartphone kalian tidak mau hidup normal atau bahkan hanya diam di layar loading Samsung dan jika di coba kembali tetap sama hasilnya. Maka ada kemungkinan proses rooting kalian gagal dan smartphone kalian hanya tinggal kenangan saja. Kalian bisa mengeceknya dengan aplikasi Root Checker Aplikasinya.

Oke gaes!! Mungkin hanya seperti itu saja penjelasan dari admin tentang ‘Cara Mudah Root Samsung J2 Tanpa PC‘ ini. Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan kali ini. Jika kalian suka dengan artikel ini kalian boleh share artikel ini kepada teman kalian.

Baca juga artikel lainnya tentang:

Cara Mudah Root Samsung J2 Tanpa PC
5 (100%) 5 votes